Jumat, 01 Agustus 2008

REKAMAN DETIK-DETIK TERAKHIR ADAM AIR PK-KKW, KI 574

Malem2 iseng nunggu ngantuk gw cek imel, ternyata ada imel dari si Rizko, isinya ngamuk2 sambil sumpah2 ga bakal naek kapal, gara-gara dikirimin voice cockpit recorder dari pesawat adam yang jatoh, gw ketawa2 aja, tapi pas mo gw dengerin ko malah ga ada attachmentnya, karena penasaran gw brosing sana sini eh akhirnya ketemu juga hehehe....

aga bingung mo uplod karena formatnya mp3, gw kasi linknya aja deh, silahkan klik disini

Di menit2 awal masi ada suara kapten dan fo nya ngobrol sambil sedikit2 becanda, kemudian mereka menyadari ada masalah dengan IRS yang membuat pesawat melenceng dari flight plan yang seharusnya dilalui, akhirnya fo coba kontek ATC bw ngecek posisi pesawat dengan radial ke VOR *kalo ga salah* ga lama mereka coba utak atik IRS nya dengan mindahin ke NAV, setelah itu (mungkin) disengage autopilot, and then ada suara warning 'BANK ANGLE' tapi sayangnya (mungkin) mereka ga sadar.
Kemudian kedengeran suara yang selalu bikin panik gw kalo maen flight simulator- warning overspeed, trus ga tau deh kaya ada suara2 crack dan (mungkin) beberapa bagian dari pesawat lepas, disebabkan (mungkin) struktur pesawat ga mampu menahan beban yang terjadi (kemungkinan posisi pesawat menukik menghujam ke bumi) kemudian...

ya tuhan... *merinding*

semoga ga ada lagi deh yang kaya gini.

ilustrasi tidak dapat dijadikan acuan akan kejadian yang sebenarnya

The Sky is very Vast, but there is no room for error

14 Comments:

Meika Iqbal said...

gw merinding denger rekaman yang bagian akhirnya...*innalillahi wa innailaihirrajiuun... :'(

brainwashed said...

gw jg merinding nyos, bagian 60 detik terakhir.. "all things must pass away"
nih ada cuplikan chat sm risko pagi ini:

fery gustian: http://www.4shared.com/file/57212022/da24f101/Rekaman_Adam_Air.html
rizko apriantoro: itu link yang dari iqbal kan ?
rizko apriantoro: serem ah
fery gustian: *ngakak guling2an*
rizko apriantoro: ga berani naek kapal gue
fery gustian: knp emg?
rizko apriantoro: Allahu akbar!
fery gustian: kan udeh takdir..knp mesti takut?
rizko apriantoro: GA MAUUU!!!

extranyos said...

@meishya: yup, mereka tau bahwa itu saat terakhir mereka ada di dunia, hhuuuff..... *masi merinding*

@brainwashed: hehe... gini aja per, tau film The A Team kan? nah si rizko anggep aja si BA, tar kita getok or bius aja dulu sebelum naek pesawat xixixix...

dee said...

gue blom dengerin rekamannya nyos.. ga tegaaa.. jd ikutan sedih. ade gue udah dengerin, mlmnya dia mimpi buruk..

Mike.... said...

iya nih..kmaren jg dah liat videonya di youtube..tapi masih disanggah ama menhub tuh..

Reza said...

Menarik memang pemberitaan mengenai kasus ini terlepas dari asli atau palsu. Gw yakin banget at least there are always two side for every story. Di satu sisi, pihak KNKT bilang bahwa ini adalah bukan rekaman black box yang asli. Ada lagi yang bilang kalo semestinya rekaman ini tidak boleh keluar, dari pihak keluarga pilot bilang "memang ada kemiripan suara dengan almarhum", dan masih banyak lagi indikasi yang semakin membela ini palsu atau asli. Perlu pembuktian dan kajian lebih lanjut memang supaya lebih objektif dan tanpa muatan-muatan kepentingan yang menyesatkan, atau memang harus disesatkan?. Technically it's not a problem since the problem is not technical. Nothing you can do that can't be done.

extranyos said...

@dee: dengerin deh dee, jadi sadar kalo idup ama mati tuh tipis banget, semenit sebelomnya masi becanda ketawa ketiwi semenit berikutnya...

@mike: yup saling menyanggah, mudah2an sih palsu, tapi apa sih yang ga bisa di indon ini...?

@reza: setubuh! semua kejadian di indon itu udah dipolitisir untuk kepentingan pihak2 tertentu, masi inget dulu adam air nyasar ke tambolaka? trus patah jadi dua di surabaya waktu landing? kenapa masi bisa dikasi ijin terbang? kemana KNKT? giliran udah kejadian beneran baru deh, ga ada yang bisa dipercaya lagi sekarang, kalo emang palsu kenapa KNKT gelagepan? trus mo diperiksa segala rekamannya, mau dibandingin ama yang asli, kalo palsu ya udah palsu aja kenapa harus repot? atau.. hehehe...

qyusha said...

kita gak pernah tau kapan akhir nafas kita berhenti..dimana, dan kapan..hanya milik Allah semata...
:(

Antown said...

saya suka jawabanmu ke fery. Nama the A Team masih ingat ternyata wakakakaa..

adam air parah ya? kalo antown air gimana, nyos?

eh kapan kita kopdar? prasaan belom pernah ketemu waktunya. balas ke blog saya ya

dee said...

sama kaya gue ngebayangin lonvat dr gedung tinggi deh nyos.. menyambut kematian.. sereeem.. hiiii

Ngatini said...

aku udah baca teks nya..soalnya rekamannya kurang jelas..tapi teks nya juga gak ngerti..hhh...cape deh.. yang jelas seperti kebanyakan orang..agak serem mendengar endingnya..jadi ngebayangin gimana detik2 terakhirku kelak....

christi said...

rekaman udh dnger, iya agak merinding jg..asli ga ya rekaman itu...
utk metalica vs slipknot kan ada di youtobe nyos...

extranyos said...

@meechaqyu: you are 100% right

@antown : antown air? pasti kapalnya penuh gambar deh hehe, ayo aja, kapan mo kopdar?

@dee : lonvat opo to dee?

@ngatini : mungkin scriptnya boso penerbangan jadi aga susah dipahami, jangan dibayangin mba, tapi disiapin, banyak2 amal xixixi...

@christi : mudah2an rekamannya palsu karena ini termasuk 'top secret', karena kalo asli berarti... *ngurut dada lagi* liat youtube aahhh *meluncur*

Abel Sumanas said...

NNAH, kalo aku liad di Air Crash Investigation NatGeo, itu pesawat pecah jadi beberapa bagian, tapi bodi pesawat keculai sayap dan ekor masih utuh....NAAHH LOGH???